Jenis Kredit Apa Saja Yang Masuk Dalam BI Checking..?

Cara membersihkan nama di BI checking ?
24 Agustus 2018
jasa pembayaran0878-7878-3666 - Gestunbos.com
JASA PEMBAYARAN
24 Agustus 2018

Jenis Kredit Apa Saja Yang Masuk Dalam BI Checking..?

Ketahui Jenis Kredit Apa Saja Yang Masuk Dalam BI Checking..?

Sebelum lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kredit yang mempengaruhi BI checking.

1. Kartu Kredit
Mengatur penggunaan kartu kredit sangat krusial untuk menjaga status BI checking Anda tetap bersih. Kedisiplinan Anda dalam membayar tagihan kartu kredit ini akan menjadi catatan tersendiri untuk kredibilitas Anda. Oleh karenanya, Anda harus bijak dalam menggunakan kartu kredit Anda. Ingat bahwa fungsi kartu kredit sebenarnya untuk membantu bukan membebani.

2. Semua jenis kredit/ pinjaman di Bank (KTA)
Di saat kebutuhan hidup mendesak, mengajukan pinjaman di bank biasanya menjadi jalan keluar yang aman. Namun perlu diingat bahwa mengajukan pinjaman ke bank juga membutuhkan BI checking, dan jika disetujui maka Anda juga harus mau menbayar dengan disiplin sebelum jatuh tempo. Hal ini akan berpengaruh jika Anda ingin mengajukan pinjaman berikutnya.

3. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)
Sebgaimana jenis pinjaman lainnya di bank, KPR juga akan ada dlaam riwayat kredit Anda. Meskipun Anda menggunakan jasa lembaga keuangan non perbankan, riwayat kredit Anda tetap tercatat dalam system BI checking.

4. KPM (Kredit Pemilikan Mobil/Motor)
Kredit Pemilikan Mobil/Motor (KPM) biasanya memang dikeluarkan oleh lembaga keuangan non perbankan. Lembaga ini biasanya bekerja sama dengan dealer kendaraan.

Cara Cek status BI Checking

Adapun untuk mengetahui catatan kredit Anda, bisa dilakukan dengan mengecek status BI checking Anda. Pengecekan dapat dilakukan melalui bank tempat Anda mengajukan pinjaman. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan sendiri ke pihak BI.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek, membersihkan catatan kredit, dan mencegah Anda dari memiliki kredit macet.Untuk pengecekan sendiri ke BI, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut :

  • Akses situs resmi Bank Indonesia untuk mengisi formulir yang bisa Anda temukan di halaman Permintaan IDI Historis.
  • Isilah formulir dengan lengkap sesuai instruksi.

bank indonesia

  • Kirim formulir yang sudah diisi lengkap, kemudian tunggu balasan yang akan dikirim ke email Anda. Perlu diingat bahwa email biasanya diproses dalam empat hari kerja atau seminggu.
  • Saat menerima balasan dari BI, Anda akan mengetahui apakah nama Anda ada dalam IDI Historis atau tidak. Jika nama Anda tidak ada, artinya Anda tidak pernah melakukan kredit atau Anda melakukan kredit di lembaga keuangan yang tidak terdaftar dalam BIK (Biro Informasi Kredit).
  • Datanglah ke kantor Bank Indonesia jika nama Anda terdaftar dalam IDI Historis. Anda bisa datang ke kantor Bank Indonesia yang ada di kota Anda dengan membawa kelengkapan dokumen yang diperlukan, yaitu balasan email dari BI yang diprint dan kartu identitas asli (KTP/KITAS). Di sini Anda akan mendapatkan informasi tentang status catatan kredit Anda.

Pinjaman | Dana Tunai | Dana Talangan | Info Kartu Kredit | Tarik Tunai | Pelunasan Kartu Kredit

 Baca juga

Pentingnya Bi Checking

 Mengatur Cash flow dengan Kartu Kredit

Apabila Anda menghubungi kami di luar jam kerja, maka tinggalkan saja pesan via SMS / BBM / WhatsApp, kami akan balas keesokan harinya.

Info Call 0878-7878-3666 Solusi Kredit

Comments are closed.

error: Gestun Boss 0878-7878-3666